Senin, 14 Oktober 2013

Olahraga YUK !

" Pak Ogi siapa yang punya ... Pak Ogi siapa yang punya... Pak Ogi siapa yang punya... Yang punyaaa kitaaa semuaaa..."
( Lagu ini  terdengar setiap kali anak-anak memulai pelajarannya...)
Namanya Pak Ogi Sugiharto, siapa saja pasti kenal beliau. Tidak lama ini Pak Ogi dinobatkan sebagai guru Penggiat NHK Ship 2013. Tahun ini NHK mengangkat kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas fisik. Tema yang diusungnya adalah " Tubuhku Bugar Prestasi Cemerlang ". 
Pak Ogi yang hobinya main bola ini lahir di Bandung pada tanggal 11 Oktober. Main bola itu banyak bagi beliau, mulai sepak bola, basket volly sampai futsal, pokoknya olahraga yang pakai bola. Bahkan sejak kecil Pak Ogi sudah masuk klub olahraga Junior di kota Bandung.
Menurut penggemar warna biru dan hitam ini, aktifitas fisik wajib dilakukan baik untuk kaum muda maupun kaum tua.
Dengan melakukan aktifitas fisik maka tubuh kita akan selalu bugar, seperti Pak Ogi yang tampak segar selalu sehingga beliau dapat menjadi guru olahraga yang hebat di SD BPI.Selain tubuh bugar, aktifitas fisik ini berkaitan erat dengan pencapaian perkembangan motorik bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Kemampuan motorik akan sangat menunjang kegiatan belajar lainnya bagi anak-anak. Diantaranya kemampuan konsentrasi anak sangat dipengaruhi oleh kematangan perkembangan motorik. Perkembangan motorik kasar dan motorik halus harus sesuai dengan usia. Pada tahap tertentu anak diharuskan mengasah kemampuan fisik dan mentalnya agar diri anak mencapai tumbuh kembang dengan seimbang.
Sebagai guru olahraga di SD BPI, Pak Ogi menggagas kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas fisik menjadi pembiasaan pagi di sekolah kami. Aktifitas fisik  harus dilakukan secara rutin, maka pak Ogi menerapkannya dengan pembiasaan sehari-hari di sekolah.Pembiasaan ini berupa senam pagi setiap hari selasa. Ada pula latihan Pencak Silat dasar setiap hari Rabu dengan berbahasa Sunda. Pembiasaan lain adalah  gerak dan lagu berbahasa Inggris pada hari Kamis. Sebagai pelengkap kreatifitas, beliau memfasilitasi para peserta didik dengan alat-alat permainan tradisional pada jam istirahat setiap harinya. 
Harapan Pak Ogi yang terbesar adalah dengan aktifitas fisik ini dapat membuat anak-anak Indonesia sehat, kuat, cerdas dan mencapai tumbuh kembang yang maksimal serta seimbang secara fisik, mental dan spiritualnya. Menurut beliau anak-anak yang sehat pasti beraktifitas dan yang beraktifitas pasti akan sehat.
Ayo teman-teman, kita dukung Pak Ogi sebagai Guru Penggiat NHK Ship 2013 dan kita capai harapan mulianya sebagai manusia yang sehat, kuat cerdas secara fisik, mental dan spiritual. Semoga dengan itu, kita bisa mencapai cita-cita di masa depan.
Olahraga yukkkk.....
Anak-anak harus disiplin namun tetap ceria
Sikap berdiri yang benar akan mempengaruhi pertumbuhan tulang belakang dan bahasa tubuh
Belajar menjaga keseimbangan tubuh latihannya dengan berdiri pada satu kaki
Belajar dalam kelas dengan mengeksplore kemampuan anak dan aktif beraktifitas
Menjalankan tugas dengan bersungguh-sungguh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar